Jumat, 20 Maret 2020

CJR BAHASA INDONESIA

PENGARUH SUHU DAN WAKTU EKSTRAKSI TERHADAP KADAR KAFEIN DALAM TEH HITAM

Oleh : ERWINSYAH UTAMA, DONA BEST MARIKA, MINAT KARYA NITA HIA, NURAINI



JURUSAN KIMIA

FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

Editor : Erwinsyah Utama



I.     PENGANTAR
            Critical Journal Review ini bertujuan untuk memenuhi tugas mata kuliah Bahasa Indonesia dan juga untuk menganalisis penggunaan bahasa yang ada pada  jurnal yang berjudul “Pengaruh Suhu dan Waktu Ekstraksi terhadap Kadar Kafein dalam Teh Hitam” di dalam Jurnal Sains dan Seni ITS dengan nomor ISSN:2337-3520, terbit pada tahun 2015 volume 4 nomor 2, terdiri dari 4 halaman. Adapun penulis jurnal ini yaitu Dianita Devi Putri dan Ita Ulfin.
            Critical journal review ini disusun untuk membahas tentang penggunaan bahasa pada jurnal yang meliputi penggunaan bahasa baku, keefektifan kalimat, kesalahan ejaan, kesalahan dalam penulisan/pengetikan, dan penulisan daftar pustaka.

II.  KEUNGGULAN DAN KELEMAHAN
2.1 Penggunaan Bahasa Baku
            Pada jurnal tersebut, bahasa  yang digunakan adalah bahasa baku. Tidak terdapat kata-kata nonbaku pada jurnal tersebut.

2.2 Keefektifan Kalimat
            Pada jurnal tersebut terdapat beberapa kalimat yang tidak efektif dan bermakna ambigu sehingga sulit untuk dipahami. Beberapa kasus penggunaan kalimat yang tidak efektif pada jurnal tersebut yaitu:
a. Pada paragraf kedua kalimat ketiga bagian pendahuluan, yaitu “kegiatan penarikan kandungan kimia”. Pada kalimat tersebut terdapat pemborosan kata. Seharusnya kata kegiatan tidak perlu digunakan sehingga kalimatnya menjadi “penarikan kandungan kimia”.
b.  Pada paragraf ketiga kalimat pertama bagian pendahuluan, yaitu “berdasarkan penelitian Yang, Sun Hwang, dan Tien Lin pada tahun 2006 tentang pengaruh metode penyeduhan yang berbeda dan penyimpanan kafein, katekin, dan asam galat pada larutan infusi teh”. Kalimat tersubut tidak lengkap dimana tidak adanya hubungan sebab akibat.
c.  Pada paragraf pertama kalimat kelima bagian metodologi penelitian, yaitu “dimasukkan 25 ml filtrat ke dalam labu ukur”. Kalimat tersebut tidak efektif, susunan kalimatnya kurang tepat. Seharusnya yang benar adalah “25 ml filtrat dimasukkan ke dalam labu ukur”.
d. Pada paragraf pertama kalimat keenam bagian metodologi penelitian, yaitu “filtrat diukur absorbansinya”. Susunan kalimatnya kurang baik atau masih terbalik. Seharusnya yang benar adalah “absorbansi filtrat diukur”.
e.  Pada paragraf pertama kalimat kedua bagian hasil dan diskusi, yaitu “proses penyeduhan ini merupakan proses ekstraksi yang terjadi penarikan kandungan kimia”. Pada kalimat tersebut terdapat pemborosan kata sehingga memunculkan makna yang sulit untuk dipahami. Seharusnya yang benar adalah “proses penyeduhan ini merupakan proses ekstraksi atau penarikan kandungan kimia”.
f.   Pada  paragraf keempat kalimat pertama bagian hasil dan diskusi, yaitu “selain sampel diberikan perlakuan pada suhu ekstraksi 27oC kemudian dilakukan ekstraksi teh hitam dengan pelarut air pada suhu 70 oC”. Kalimat tersebut memunculkan makna yang ambigu dan struktur atau penyusunan kalimat tidak benar.
g.  Pada kalimat kelima bagian kesimpulan, yaitu “sedangkan pada suhu 100kadar kafein tertinggi adalah 31,280 mg/g pada waktu ekstraksi 4,0 menit”. Seharusnya tanda baca sebelum kata “sedangkan” adalah tanda koma (,) sehingga kalimatnya menjadi efektif.
h.  Pada kalimat pertama bagian ucapan terima kasih, yaitu “terima kasih yang sebesar-besarnya disampaikan kepada”. Pada kalimat tersebut terjadi pemborosan kata. Seharusnya yang benar adalah “terima kasih kepada”.

2.3 Kesalahan Ejaan
            Pada jurnal tersebut tidak terdapat kesalahan ejaan. Semua kata yang ditulis dalam jurnal tersebut menggunakan ejaan yang baik benar.

2.4 Kesalahan Penulisan/Pengetikan
            Pada jurnal tersebut terdapat beberapa kesalahan pengetikan, seperti ada huruf yang kurang atau ada dua kata yang menempel (tidak dispasi). Beberapa kesalahan pengetikan dalam jurnal tersebut yaitu:
a.  Pada paragraf pertama kalimat kalimat ketiga bagian pendahuluan, yaitu kata “za” (seharusnya adalah zat). Pada kata tersebut terjadi kesalahan pengetikan dimana ada huruf yang kurang.
b.    Pada bagian ucapan terima kasih, yaitu:
·      kepadaDra
·      M.Sisebagaidosenpembimbing

2.5 Penulisan Daftar Pustaka
            Pada jurnal tersebut masih terdapat kesalahan penulisan daftar pustaka. Kesalahannya meliputi penggunaan tanda titik dan koma serta judul buku ataupun jenis jurnal tidak dicetak miring. Contohnya:
·    Saud,S. dan AL-Oud, (2003). Heavy metal contents in tea and herb leaves. Pak.                               J. Bio1. Sci., 6: 208-212.
Perbaikan:
Saud, S dan Al-Oud. (2003). Heavy metal contents in tea and herb leaves. Pak.                                J. Bio1. Sci., 6: 208-212.
·     DepKes RI. (1995). Farmakope Indonesia.EdisiIV. Jakarta : Departemen                                          KesehatanRepublik Indonesia.
Perbaikan:
DepKes RI. (1995). Farmakope Indonesia Edisi IV. Jakarta : Departemen                                        Kesehatan Republik Indonesia.

III.   KESIMPULAN DAN SARAN
3.1 Kesimpulan         
            Pada jurnal tersebut, bahasa yang digunakan adalah bahasa baku dan tidak terdapat kesalahan ejaan. Semua kata ditulis menggunakan ejaan yang baik benar. Namun, terdapat beberapa kalimat yang tidak efektif dan bermakna ambigu sehingga sulit untuk dipahami. Pada jurnal tersebut juga terdapat beberapa kesalahan pengetikan, seperti ada huruf yang kurang atau ada dua kata yang menempel (tidak dispasi). Selain itu juga terdapat kesalahan penulisan daftar pustaka. Kesalahannya meliputi penggunaan tanda titik dan koma serta judul buku ataupun jenis jurnal tidak dicetak miring.

3.2 Saran
            Sebaiknya jurnal tersebut harus mengurangi kesalahan-kesalahan dalam pengetikan ataupun dalam penulisan daftar pustaka. Selain itu, kalimat yang digunakan haruslah lebih efektif sehingga pembaca mudah untuk memahami isi jurnal tersebut.

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

1. Dilarang Spam
2. Dilarang menggunakan kata-kata kasar/tidak sopan

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda